Aplikasi yang di Install ketika pertama kali install linux Ubuntu 14.04

Asalamualikum, semangat siang para pencinta linux. kali ini saya akan menjelaskan apa aja yang penting ketika baru menginstall linux ubuntu 14.04 kebanyakan sih bingung pertama kali instal linux trus mau install Aplikasi apa saja dan cara menginstallnya bagaimana?

Saya juga pernah mengalami hal seperti itu ketika saya pertama kali install linux. pengalaman saya dulu, saya tertarik dengan linux dikarnakan interfacenya yang sungguh indah dan efect-efect yang unyu-unyu .hehhee. Linux yang pertama saya install yaitu Backtrack 5 R1 remsatering barcode.

Linux pertama saya kenal tahun 2011 tepatnya dikenalkan oleh teman saya indra kusuma, dia yang mengenalkan linux kepada saya hingga saya tertarik. Pertama kali intstall linux leptop saya mengalami penghapusan masal alias salah format.hahaha dikarnakan terjadi kesalahan ketika membuat partisi baru. maklum saya ingin windows saya tidak terhapus makannya saya ingin membuat dual boot.

Setelah OS linux nya terinstall, saya bingung untuk menginstall aplikasinya contoh aplikasi pemutar musik, karna di linux tidak seperti di windows (tinggal klik) . di linux menginstall aplikasinya lewat terminal (command line). setelah saya cari di google ternyata banyak cara untuk mengintall linux.dan apa saja yang dibutukan ketika pertaman kali install os linux. langsung saja ke TKP. CEKI DOT :D

sumber :google.com

1. Meng update dan upgrade apt dan software
Mengaupdate apt yang sudah ada dalam linux. perintahnya adalah sebagai berikut
 "sudo apt-get update && sudo apt-get upgrade"

2. menginstall aplikasi multimedia untuk memuatar file video dan musik. perintahnya sebagai berikut
 "sudo apt-get install libavcodec-extra"

3. menginstall openJRE dan plugin browser
"sudo apt-get install icedtea-7-plugin openjdk-7-jre"

4. Intsall Adobe Flash Player
"sudo apt-get install flashplugin-installe"

5. menginstall pemutar dvd yaitu Encripted Playback DVD
"sudo apt-get install libdvdread4 && sudo /usr/share/doc/libdvdread4/install-css.sh"

6, install VLC
"sudo apt-get install vlc "

7. install clementine (pemutar musik yang lengkap)
"sudo apt-get install clementine"

8. install gimp (pengganti photoshop)
"sudo apt-get install gimp"

9.  install inkscape (pengganti corel draw)
"apt-get install inkscape"

10. install geany (text editor)
"ap-get install geany"

11. install uget (pengganti Idm)
"sudo apt-get install uget"

12. install aria2 (plugin donload manager)
" sudo apt-get aria2"

13. install qbittorrent (alat untuk download torrent via linux)
"sudo apt-get install qbittorrent"

17. Agar leptop anda awet batrai menjadi hemat daya install TLP dan CPUFREQ
"sudo apt-get remove laptop-mode-tools && sudo add-apt-repository ppa:linrunner/tlp && sudo apt-get update && sudo apt-get install tlp tlp-rdw indicator-cpufreq && sudo tlp start"

Sekian dulu pembahasan kali ini, semoga artikel ini bermanfaat. jika ada yang kurang jelas slahkan komentar :D

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

0 Response to "Aplikasi yang di Install ketika pertama kali install linux Ubuntu 14.04"

Posting Komentar